Senin, 03 Januari 2011

Jurnal PI


ABSTRAK

Saryadi (21207000)
Uchil_gtchu@yahoo.com

“ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA USAHA BENGKEL MOTOR MAMS SPEED”

PI Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma 2010
Kata Kunci : Studi Kelayakan Bisnis, Payback Periode, Net Present Value
                      Profitability Index

(ix + 31 halaman)

            Studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang dapat tidaknya proyek dilaksanakan dengan berhasil.
            Tujuan dilakukannya studi kelayakan adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan.
            Dalam menjalankan usaha pada umumnya menggunakan metode - metode penilaian investasi di antaranya adalah metode Payback periode metode ini mengukur seberapa cepat investasi bisa kembali dengan satuan hasilnya waktu. Metode NPV adalah metode yang menghitung selisih nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang lebih besar dari nilai sekarang investasi. Metode PI adalah rasio nilai sekarang dari arus kas bersih pada masa depan terhadap pengeluaran awal.
            Dari ketiga metode tersebut, menunjukan bahwa usaha bisnis bengkel motor A4 mams Speed dapat diterima.


Daftar Pustaka (2000-2010)








BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
       Hidup di kota besar dan maju di Jakarta dan sekitar merupakan tantangan yang berat bagi  masyarakatnya, apalagi masalah macet dikota-kota besar merupakan hal yang biasa bagi warganya, maka dari itu banyak juga masyarakat yang ingin membeli kendaraan sendiri yang mengakibatkan makin macetnya kota-kota besar tersebut. Tidak amannya pada kendaraan umum pun menjadi faktor utama masyarakat untuk membeli kendaraan pribadi.
       Semakin macetnya kota ini maka tidak sedikit masyarakat yang mempunyai kendaraan untuk memodifikasi kendaraannya menjadi nyaman dan enak untuk dikendarai, tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk hal seperti itu. Contohnya saja pada motor, banyak orang yang memilki motor untuk menjadikan kendaraannya sebagai alat transportasi untuk bepergian kemanapun.
       Diantara sekian banyak bengkel motor salah satunya “Mams Speed” yang berada didaerah Jagakarsa, selain melakukan service motor dan memodifikasi motor, bengkel ini juga membuat motor untuk balapan. Bengkel ini sudah pernah menjuarai kejuaraan balap motor di Kemayoran yang membuat nama bengkel ini dikenal banyak masyarakat.
       Berdasarkan uraian tentang permasalahan tersebut di atas, maka penulis ingin mengkaji tentang kelayakan bisnis dari usaha bengkel motor tersebut untuk mengetahui layak atau tidaknya pembukaan cabang baru pada usaha tersebut dengan mengambil judul “ Analisis Kelayakan Bisnis Pada Usaha Bengkel Motor Mams Speed “.
1.2       Rumusan dan Batasan Masalah
       Dalam penulisan ilmiah ini masalah yang ingin dikemukakan penulis adalah:
Apakah rencana pengembangan usaha dengan melakukan pembukaan cabang baru “ Bengkel Motor Mams Speed “ di Jl. Kebagusan Raya layak atau tidak untuk dilakukan ?
       Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah pada aspek pasar, aspek teknis dan produksi, aspek manajemen, aspek hukum / aspek yuridis, aspek ekonomi dan sosial, serta aspek keuangan dengan menggunakan perhitungan Payback Period, Net Present Value, dan PI. Dengan menggunakan data tahun 2009.

1.3       Tujuan Penelitian
       Untuk mengetahui apakah usaha rencana pembukaan cabang baru Bengkel Motor Mams Speed di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan layak atau tidak untuk dilakukan.

BAB II
                                                          LANDASAN TEORI

2.1       Kerangka Teori
2.1.1    Pengertian Studi Kelayakan
                   Studi kelayakan proyek adalah suatu penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek ( biasanya merupakan proyek investasi ) dilaksanakan dengan hasil. Suad Husnan ( 2000;4 ), obyek yang diteliti bisa berbentuk proyek besar ataupun proyek yang sederhana.
                   Pengertian studi kelayakan menurut Yacob Ibrahim ( 2003;1 ) ialah merupakan bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan, apakah menerima atau menolak dari suatu gagasan / proyek yang direncanakan.
                   Jadi studi kelayakan dapat diartikan sebagai penelitian tentang dapat tidaknya suatu investasi dapat dilaksanakan dengan baik. Keberhasilan dapat diartikan lebih luas atau lebih terbatas terutama dipergunakan oleh pihak swasta yang berminat tentang manfaat ekonomis suatu investasi.
                   Investasi yang diteliti bisa berbentuk investasi berskala besar sampai dengan investasi yang sederhana. Maka semakin besar investasi yang akan dijalankan, semakin luas dampak yang terjadi. Semakin sederhana investasi yang akan dilaksanakan semakin sederhana pula lingkungan penelitian yang akan dilakukan. Dampak itu bisa berupa dampak ekonomis dan bisa juga bersifat sosial.







BAB III
METODE PENELITIAN

3.1       Objek Penelitian
       Objek penelitian dalam penelitian ilmiah ini adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang jasa service kendaraan bermotor yaitu bengkel “Mams Speed” yang beralamat di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

3.2       Data / Variabel Yang  Digunakan
a.         Data Primer, yaitu melakukan studi lapangan dan wawancara langsung kepada pemilik usaha tersebut.
b.         Data Sekunder, yang terdiri dari aspek pasar, aspek ekonomi dan sosial, aspek manajemen, aspek hukum, aspek ekonomi dan aspek keuangan dan tingkat suku bunga.

3.3       Metode Pengumpulan Data / Variabel
       Dalam penulisan ini, penulis mengumpulkan data dengan cara teknik pengumpulan data, yaitu :
1.      Studi Lapangan
Suatu metode penelitian yang dilakukan secara langsung pada  penelitian guna mencari informasi dan data yang dibutuhkan dengan  cara observasi dan mewawancarai pihak-pihak yang bersangkutan sehingga dapat diperoleh data primer.


2.      Studi Pustaka
Suatu metode penelitian yang dilakukan dengan mempelajari literatur-literatur yang berhubungan dengan objek penelitian yang merupakan data sekunder dan sebagai pertimbangan dalam analisa data yang dilakukan.




BAB IV
PEMBAHASAN

4.1       Data dan Profile Objek Penelitian
       Bengkel motor ini terletak didaerah Kebagusan Raya, Jakarta Selatan, pemilik bengkel ini bernama Imam yang kebanyakan orang kenal dengan sebutan Mas Bedjo. Dia berinisiatif mendirikan bengkel ini karena dia ingin menyalurkan minatnya didunia otomotif.
       Dalam urusan pelayanan, bengkel ini tidak kalah baik dengan bengkel lainnya. Seiring berjalannya waktu dan semakin dikenal oleh orang banyak, maka pendiri merencanakan untuk membuka cabang baru di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.
4.2       Hasil Penelitian dan Analisis
       Seperti yang telah diuraikan sebelumnya hasil penilaian investasi merupakan salah satu peralatan dalam pengambilan keputusan.
       Dengan dasar penilaian tersebut pemilik gagasan proyek dapat mengambil keputusan berdasarkan criteria berikut :
1.      Menerima atau menolak sebuah gagasan proyek.
2.      Mengambil satu atau beberapa proyek untuk dilaksanakan.
3.      Menetapkan pelaksanaan sebuah atau beberapa proyek.
BAB V
                                             PENUTUP

5.1       Kesimpulan
Usaha yang dilakukan oleh Bengkel Mams Speed layak di jalankan berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan metode Payback Period didapat hasil 1 tahun 4 bulan 7 hari merupakan jangka waktu pengembalian investasi, karena Payback Periodnya lebih pendek dari waktu yang ditentukan maka investasi dapat diterima dan layak. Dengan menggunakan metode Net Present Value diperoleh hasil sebesar Rp. 10.693.710 karena nilai yang diperoleh positif maka investasi diterima. Sedangkan dengan menggunakan metode Profitability Indeks diperoleh hasil sebesar 2,58. Karena hasilnya lebih besar dari 1 maka investasi tersebut diterima.
      
5.2       Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas serta berdasarkan analisa kelayakan yang telah dilakukan, maka disarankan sebaiknya usaha bengkel motor Mams Speed dapat merealisasikan usahanya dengan membuka cabang baru di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar